Kecerdasan visual spasial (Visual –
Spatial Intelligence) yang diungkapkan oleh Gardner
Adalah kemampuan untuk menangkap dunia
ruang-visual secara tepat, seperti dimiliki para pemburu,
arsitek, navigator, dan dekorator.Anak-anak dengan kecerdasan
visual – spatial yang tinggi cenderung berpikir secara visual. Kecerdasan
ini meliputi kepekaan terhadap warna, garis, bentuk, ruang dan hubungan
antarunsur tersebut. Seorang anak yang memiliki kecerdasan dalam spasial
biasanya lebih mengingat wajah ketimbang nama, suka menggambarkan
ide-idenya atau membuat sketsa untuk membantunya menyelesaikan
masalah, berpikir dalam bentuk gambar-gambar serta mudah melihat
berbagai objek dalam benaknya, dia juga senang membangun atau mendirikan
sesuatu, senang membongkar pasang, senang membaca atau menggambar
peta, senang melihat foto-foto/gambar-gambar serta membicarakannya,
senang melihat pola-pola dunia disekelilingnya, senang mencorat-coret,
menggambar segala sesuatu dengan sangat detail dan realistis, mengingat
hal-hal yang telah dipelajarinya dalam bentuk gambar-gambar, belajar
dengan mengamati orang-orang yang sedang mengerjakan banyak hal, senang
memecahkan teka-teki visual/gambar serta ilusi optik dan suka membangun
model-model atau segala hal dalam 3 dimensi. Anak dengan kecerdasan
visual biasanya kaya dengan khayalan sehingga cenderung kreatif dan
imajinatif.
No comments:
Post a Comment