Sunday, December 9, 2018

Teori Kemanusiaan Auguste Comte (1798-1857) Kemanusiaan dalam Dimensi Positivistik


Teori Kemanusiaan Auguste Comte (1798-1857) Kemanusiaan dalam Dimensi Positivistik
Argumentasi Comte dalam memahami nilai dan karakter filosofi positivistik adalah pemahaman fase perkembangan pengetahuan manusia, yaitu teologi sebagai fiktif, metafisika sebagai abstrak, dan sains sebagai positif. Berikut pernyataan Comte: “in order to understand the true value and character of positive philosophy, we must take a brief general view of the progressive course of the human mind: the theological, or fictitious; the metaphysical, or abstract; and the scientific, or positive. In the theological state: the human mind seeking the essential nature of beings, all phenomena to be produced by the immediate action of supernatural beings. In the metaphysical state: the mind supposes instead of supernatural beings abstract force. In the final, positive state: the mind has given over the vain search after absolute notions, the origin and destination of the universe, and the causes of phenomena”.21 Premis Comte dalam buku Course of Positive Philosophy adalah hukum natural (natural law), dan hukum inheren dalam natural. Comte memahami pengetahuan level pertama sebagai pengetahuan primitif (primitive knowledge). Pengetahuan level pertama berada pada kemagisan dan agama. Konsep omnipresent (Tuhan hadir di segala tempat) sebagai jalan memahami dunia dan sekitar. Level pertama ini disebut theological (teologis), dan dimensi sosial teologi mengarah pada perbudakan dan despotisme militer. Fase teologi terbagi tiga, yaitu animisme atau fetisisme (kepercayaan dan penyembahan benda-benda), politeisme (kepercayaan lebih dari satu Dewa atau Tuhan), dan monoteisme (kepercayaan kepada satu Tuhan). Level pengetahuan kedua adalah metaphysical (metafisika). Titik-tolak metafisika berdasar abstrak dan konsepsi. Unsur-unsur pendekatan metafisika adalah mengkategorikan, logis, dan kebijaksanaan filsuf. Dimensi sosial level metafisika berkenaan dengan identitas hukum dan sistem legal politik. Level ketiga adalah positivism (positivisme). Level ini ditandai dengan aplikasi logis, ilmu ilmiah, dan empiris. Dimensi sosial level positivisme adalah industri dan teknik. Comte berpendapat bahwa teori evolutionary hierarchy hadir di semua tempat. Masyarakat sebagai contoh mengalami perkembangan dari primitif menuju kemajuan.


No comments:

Post a Comment