Tuesday, October 30, 2018

Penegakkan tata tertib sekolah dalam rangka pembentukan budaya disiplin di sekolah

Penegakkan tata tertib sekolah dalam rangka pembentukan budaya disiplin di sekolah harus diawasi. Tanpa adanya pengawasan, kedisiplinan akan sulit diterapkan di sekolah. Kepala Sekolah  selalu melakukan pengawasan langsung terhadap penegakkan tata tertib sekolah. Menurut Robins (Sagala, 2009: 114-115), karakteristik utama yang menjadi pembeda dari budaya organisasi adalahkontrol: jumlah peraturan dan pengawasan langsung yang digunakan untuk mengawasi dan mengendalikan perilaku pegawai.
Setiap Senin, setelah upacara diadakan breaking news. Dalam breaking news ini, kepala sekolah mengevaluasi semua aktivitas sekolah selama 1 minggu sebelumnya, baik yang berkaitan dengan kehadiran, seragam, maupun kedisplinan lainnya.
Kepala Sekolah selalu mengawasi jalannya tata tertib di sekolah sebagai upaya pembentukan budaya disiplin di sekolah. Segala hal yang penting, dicatat dan kemudian dibahas pada kegiatan rutin breaking news setiap hari Senin untuk dievaluasi bersama. Menurut Teori Pembelajaran Sosial, bahwa organisasi diciptakan oleh pemimpin. Budaya organisasi banyak ditentukan oleh pendiri organisasi, di mana tindakan pendiri organisasi menjadi inti budaya awal organisasi (Schein, dalam Nawawi, 2013: 19-22).
Breaking news adalah kegiatan rapat guru dan tenaga kependidikan yang dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah dan rutin diadakan setiap hari Senin setelah dilaksanakannya upacara bendera, yaitu berlangsung selama 30 menit. Breaking news ini diadakan di ruang guru. Dalam breaking news, Kepala Sekolah mengevaluasi seluruh kegiatan sekolah selama 1 minggu. Breaking news ini bertujuan untuk tetap menjaga kerja sama antara guru dan tenaga kependidikan dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya masing-masing sehingga seluruh kegiatan dapat berjalan dengan baik.

No comments:

Post a Comment