Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan
menggunakan pendekatan coaching adalah suatu
proses membantu seseorang agar bisa belajar sehingga terjadi perkembangan dalam
dirinya dan diikuti peningkatan kinerjanya. Penelitian ini dilaksanakan
pada 3 (tiga) sekolah binaan peneliti yaitu SMP Anggrek Banjarmasin, SMP
Kristen Kanaan Banjarmasin, dan SMP Muhammadiyah 2 Banjarmasin yang
dilaksanakan dari bulan Januari 2017 sampai dengan April 2017. Adapun tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kompetensi kepala sekolah
dalam supervisi akademik akan meningkat melalui coaching pada SMP
binaan Dinas Pendidkan Kota Banjarmasin? Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan melalui observasi, metode dokumentasi, dan melalui
kuesioner. Sedangkan teknik analisis data dipilah menjadi dua yaitu
data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan kompetensi kepala sekolah dalam supervisi akademik melalui coaching.
Dengan
dilengkapinya dokumen supervisi akademik yakni perencanaan, pelaksanaan,
evaluasi dan tindak lanjut pada masing-masing kepala sekolah. Peningkatan
secara signifikan dapat dilihat dari 66,67% pada siklus I, meningkat
menjadi 83,33% pada siklus II. Disarankan agar Pengawas sekolah: 1). dapat
menerapkan teknik coaching kepada kepala
sekolah binaannya dalam melengkapi dan melaksanakan supervisi akademik di
sekolah; 2). senantiasa melakukan berbagai inovasi dalam kegiatan pengawasan
dalam rangka peningkatan kompetensi kepala sekolah yang pada gilirannya akan
berdampak pada meningkatnya kualitas pembelajaran.
No comments:
Post a Comment