Saturday, February 25, 2017

BUDAYA CUCI TANGAN DIBERBAGAI TEMPAT

BUDAYA CUCI TANGAN DIBERBAGAI TEMPAT
Mengingat betapa mudahnya bagi kita ketika melaksanakan cuci tangan baik di lingkungan sekitar kita, maka sebenarnya tidak ada alasan bagi kita untuk selalu membiasakan bahkan pada akhirnya kita harus bisa membudayakan cuci tangan ini dalam kehidupan sehari-hari kita. Proses membudayakan cuci tangan ini bisa kita mulai dari lingkungan kita yang mulai kecil yaitu rumah.
Rumah sebagai tempat tinggal bagi keluarga kita juga bisa menjadi tempat berkumpulnya kuman-kuman yang berasal dari anggota keluarga lainnya. Kita tidak bisa menjamin 100 % bahwa anggota keluarga kita bersih dari yang namanya bakteri atau kuman. Karena anggota keluarga kita barangkali mempunyai aktivitas di luar yang bisa saja bersinggungan dengan lingkungan penuh bakteri atau kuman. Oleh karena itu, ketika pertama kali ketika akan masuk rumah, sebagai orang yang paham akan kebersihan dan kesehatan badan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan kedua tangan kita. Jika perlu, ajaklah seluruh anggota keluarga lainnya membersihkan kedua tangan ketika akan masuk rumah. Dengan demikian, rumah yang kita tempati akan selalu bersih dan nyaman untuk ditempati.
Setelah membudayakan budaya cuci tangan di rumah, langkah selanjutnya adalah bagaimana cara membudayakan cuci tangan kita di lingkungan kerja. Secara prinsip hampir sama ketika berada di lingkungan kerja manapun.  Tangan harus dicuci bersih dengan sabun dan air bersih (atau bisa dengan handrub antiseptik jika tersedia). Jika dalam keadaan yang mengaharuskan mengambil sesuatu yang kotor dan berpotensi mengandung kuman yang banyak, maka gunakanlah sarung tangan yang tidak mudah sobek dan tidak bisa menyerap cairan. 
Salah satu lingkungan yang biasanya berpotensi sebagai tempat berkumpulnya kuman dan bakteri dan rentan akan penularan bagi siapapun adalah rumah sakit. Karena di lingkungan rumah sakit notabenenya adalah tempat dimana orang-orang penuh dengan penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri dan kuman-kuman lainnya. Sehingga keadaan tersebut rawan akan penularan penyakit baik kepada para perawat, dokter, tenaga medis bahkan kepada pengunjung yang menjenguk saudaranya. Langkah yang perlu dilakukan untuk menghindari penularan tersebut bisa melalui mencuci tangan. Khusus di rumah sakit, mencuci tangan perlu dilakukan ketika bersentuhan langsung dengan pasien. Misalnya ketiga memegang, menyentuh atau sekedar menyalami pasien.
Pada saat tindakan medis, bagi tenaga medis seperti dokter dan perawat maka mengenakan sarung tangan adalah wajib. Tindakan medis ini bisa saat operasi, atau sekedar melakukan prosedur rutin. Mengenai penggunaan sarung tangan, hal ini perlu dilakukan oleh para tenaga medis ketika pelaksaan atau prosedur rutin pemeriksaan. Cuci tangan juga harus dilakukan saat sebelum dan sesudah menyiapkan sampai mengonsumsi makanan. Hal-hal lain yang mengharuskan kita mencuci tangan saat berada di rumah sakit adalah saat dalam keadaan memegang instrumen kotor, menyentuh membran mukosa (darah, cairan tubuh seperti sekresi, ekskresi), melakukan kontak yang intensif lama dengan pasien. Dan bagi tenaga medis, saat melakukan pemeriksaan tekanan darah atau memeriksa tanda-tanda vital pasien.
Proses membudayakan di berbagai lingkungan tidak lengkap jika tidak disertai dengan teknik mencuci tangan yang benar. Teknik ini memang tidak menjamin seratus persen kuman akan hilang. Akan tetapi, setidaknya dengan mencuci tangan dengan mematuhi pedoman ini sebagian kuman atau bakteri yang hinggap di tangan kita akan hilang. Pertama, awalilah dengan membasahi tangan terlebih dahulu. Kedua, jika tersedia sabun, maka oleskanlah (tidak usah menggunakan antiseptik). Ketiga, mulailah menggosok dengan teliti dan benar pada semua bagian tangan selama 15-20 detik. Perhatikan dengan teliti daerah di bawah jari kuku dan di selal-sela kaki. Terakhir, keringkanlah tangan dengan handuk kertas dan gunakan handuk tersebut untuk mematikan air.

Mengingat betapa mudahnya pelaksanaan cuci tangan ini jika dilihat dari caranya maupun bahanyya yang digunakan, maka proses membudayakan cuci tangan sebaiknya harus dimulai dari sekarang tanpa ditunda-tunda. Jika anda menunda,maka kuman-kuman yang berada di telapak tangan akan hidup "nyaman" di sana dan pada akhirnya jika kita tidak berhati-hati ketika melakukan aktivitas misalnya mengkonsumsi makanan, maka tunggu saja penyakit akan datang menghampiri kita. Mari membudayakan cuci tangan dari sekarang.

No comments:

Post a Comment