Saturday, February 25, 2017

Taman Wisata Alam (Taman Anggrek Bancea) Goa Panoma

  Taman Wisata Alam (Taman Anggrek Bancea)
Taman Anggrek ini berada di pesisir danau Poso. Jarak yang di tempuh 40 km dari kota Tentena. Bisa menggunakan kendaraan beroda dua, empat & motor danau). Taman Anggrek ini merupakan tempat pelestarian dengan tujuan utama dimanfaatkan untuk kepentingan pariwisata dan tempat rekreasi.
Di tempat ini pengunjung dapat menikmati keindahan jenis-jenis anggrek alami yang di koleksi di Taman Wisata Alam ini.
  Goa Panoma
Gua tersebut terletak persis di sebelah Danau Poso, kawasan yang sudah terkenal keindahannya sehingga telah menjadi salah satu tujuan wisata mistis dan unik karena letak sebagian Gua tersebut berada di bawah Danau Poso. Gua yang namanya sama dengan suku asli orang Poso tersebut terletak di Desa Sangele, Kecamatan Pamona Utara, 56 kilometer dari Kota Poso. Mulut Gua Pamona menghadap ke selatan dengan lebar dua meter.
Image result for goa pamona sulawesi tengah
Gambar Gua Panoma
Menurut cerita masyarakat setempat, selama ratusan tahun silam gua tersebut berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan jenazah raja atau kaum bangsawan suku Pamona dan keluarganya. Hal itu dapat dibuktikan dengan adanya kerangka manusia dan keranda yang masih ada di dalamnya. Banyak warga setempat meyakini gua tersebut merupakan salah satu tempat asal-usul leluhur mereka. Sampai kini gua tersebut banyak dikunjungi masyarakat dari luar Poso, terutama pada akhir pekan atau hari libur. Setelah puas menyusuri gua tersebut, biasanya pengunjung menyempatkan untuk mandi di Danau Poso yang airnya selalu jernih.

Dalam gua tersebut juga terdapat delapan kamar atau ruang yang sangat gelap dan lembap. Ruang tersebut dahulunya berfungsi menyimpan jenazah suku Pamona yang disesuaikan dengan status sosialnya. Jenazah yang disemayamkan tersebut biasanya disertai perangkat kubur, seperti pakaian atau barang-barang berharga milik jenazah semasa hidupnya. Namun seiring banyaknya pengunjung, tidak jarang ada yang usil dengan mengambil kerangka atau bagian goa yang sangat tinggi nilai sejarahnya itu. Pemerintah setempat juga telah menetapkan gua tersebut sebagai situs sejarah yang dilindungi.

No comments:

Post a Comment