1.
Strategi pembelajaran mandiri.
Belajar mandiri bukan
berarti hanya belajar sendiri tetapi dapat dilakukan secara berkelompok,
seperti dalam kelompok tutorial. Belajar mandiri adalah salah satu cara
meningkatkan kemauan dan keterampilan pembelajar dalam proses belajar tanpa
bantuan orang lain dan tidak tergantung pada pengajar, pembimbing, teman, atau
orang lain. Tugas pengajar hanya sebagai fasilitator atau yang memberikan
kemudahan atau bantuan kepada pembelajar. Bantuan itu sifatnya terbatas seperti
dalam merumuskan tujuan belajar, memilih materi pembelajaran, menentukan media
pembelajaran, serta memecahkan masalah yang dihadapi pembelajar. Sesuai
dengan konsep belajar mandiri, bahwa seorang siswa diharapkan dapat :
1. Menyadari bahwa hubungan antara pengajar dengan dirinya
tetap ada, namun hubungan tersebut diwakili oleh bahan ajar atau media belajar.
2. Mengetahui konsep
belajar mandiri
3. Mengetahui kapan ia harus minta tolong, kapan ia
membutuhkan bantuan atau dukungan.
4. Mengetahui kepada
siapa dan dari mana ia dapat atau harus memperoleh bantuan/dukungan.
Bagian terpenting dari konsep belajar mandiri adalah
bahwa setiap siswa harus mampu mengidentifikasi sumber-sumber informasi, karena
identifikasi sumber informasi ini sangat dibutuhkan untuk memperlancar kegiatan
belajar seorang siswa pada saat siswa tersebut membutuhkan bantuan atau
dukungan.
No comments:
Post a Comment