Saturday, February 25, 2017

Tujuan Sosiologi Pendidikan

   Tujuan Sosiologi Pendidikan
Tujuan sosiologi pendidikan pada dasarnya adalah untuk mempercapat dan meningkatkan pencapaian tujuan pendidikan secara keseluruhan. Karena itu, sosiologi pendidikan tidak akan keluar dari upaya-upaya agar pencapai tujuan dan fungsi pendidikan tercapai menurut pendidikan itu sendiri.[1]
Adapun tujuan sosiologi pendidikan di Indonesia adalah:
1.      Berusaha memahami peranan sosiologi daripada kegiatan sekolah terhadap masyarakat, terutama apabila sekolah ditinjau dari segi kegiatan intelektual.
2.      Untuk memahami seberapa jauhkah guru dapat membina kegiatan sosial anak didiknya untuk mengembangkan kepribadian anak.
3.      Untuk mengetahui pembinaan ideologi pancasila dan kebudayaan nasional Indonesia di lingkungan pendidikan dan pengajaran.
4.      Untuk mengadakan integrasi kurikulum pendidikan dengan masyarakat sekitarnya agar pendidikan mempunyai kegunaan praktis didalam masyarakat, dan seluruh negara.
5.      Untuk menyelidiki faktor-faktor kekuatan masyarakat, yang bisa menstimulir pertumbuhan dan perkembangan kepribadian anak.
6.      Memberi sumbangan yang positif terhadap penggunaan prinsip-prinsip sosiologi untuk mengadakan sosiologi sikap dan kepribadian anak didik.[2]
Selain itu ditemukan beberapa konep tentang tujuan sosiologi pendidikan, yaitu sebagai berikut:
a.       Menganalisis proses sosialisasi anak. Baik dalam keluarga, sekolah, maupun masyarakat.
b.      Menganalisis perkembangan dan kemajuan sosial.
c.       Menganalisis status pendidikan dalam masyarakat.
d.      Menganalisis partisipasi orang-orang terdidik atau berpendidikan dalam kegiatan sosial.
e.       Membantu menentukan tujuan pendidikan.
f.       Sosiologi pendidikan bertujuan utama memberikan kepada guru-guru (termasuk pada peneliti dan siapapun yang tertarik dalam bidang pendidikan) latihan-latihan yang efektif dalam bidang sosiologi dapat memberikan sumbangannya secara cepat dan tepat kepada masalah pendidikan.[3]
dengan demikian, sosiologi pendidikan bermanfaat besar bagi para pendidik, selain berharga untuk menganalisis pendidikan, juga bermanfaat untuk memahami hubungan antar manusia disekolah serta masyarakat.



[1] Muhyi Batubara, Sosiologi Pendidikan (Jakarta: PT. Ciputat Press, 2004), hal. 3
[2] Abu Ahmadi, Sosiologi Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 2004), hal. 10
[3] Abu Ahmadi, Sosiologi Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 2004), hal. 10

No comments:

Post a Comment