Thursday, November 1, 2018

Manfaat Motivasi Belajar Siswa dan Guru


Manfaat Motivasi Belajar
Motivasi belajar penting bagi siswa dan guru. Bagi siswa pentingnya motivasi belajar adalah sebagai berikut:
a. Menyadarkan kedudukan pada awal belajar, proses dan hasil akhir. Seorang siswa yang memiliki motivasi belajar akan dapat menyadari tentang kemampuan yang dimilikinya. Dengan mengetahui kemampuan yang dimilikinya bila dibandingkan dengan temannya, maka ia akan termotivasi untuk belajar lebih giat lagi. Contohnya, setelah seorang siswa membaca suatu bab buku bacaan, dibandingkan dengan temannya sekelas yang juga membaca bab tersebut, ia kurang berhasil menangkap isi, maka ia terdorong membaca lagi.
Jadi, motivasi dapat mendorong siswa untuk menyadari potensi yang dimilikinya, sehingga dapat meningkatkan kemandirian siswa.
b. Menginformasikan tentang kekuatan usaha belajar, yang dibandingkan dengan teman sebaya. Adanya motivasi pada diri siswa akan dapat mendorong mereka untuk lebih giat belajar. Sebagai ilustrasi, jika terbukti usaha belajar seorang siswa belum memadai, maka ia berusaha setekun temannya yang belajar dan berhasil.
c. Mengarahkan kegiatan belajar.
Adanya motivasi belajar pada diri seorang siswa akan mampu mengarahkan kegiatan belajarnya. Ia akan memperhatikan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Sebagai ilustrasi, setelah ia diketahui bahwa dirinya belum belajar secara serius, terbukti banyak bersendau gurau misalnya, maka ia akan mengubah perilaku belajarnya.
d. Membesarkan semangat belajar.
Motivasi belajar yang ada pada diri seorang siswa akan mampu mengarahkan kegiatan belajarnya. Ia akan mendorong siswa untuk bersemangat dan sungguh-sungguh dalam belajar.
e. Menyadarkan tentang adanya perjalanan belajar kemudian bekerja yang berkesinambungan.
Motivasi yang ada dalam diri siswa akan mampu mendorong siswa untuk belajar secara mandiri dan bekerjasama dengan sesama temannya. Siswa dilatih untuk menggunakan kekuatannya sedemikian rupa sehingga dapat berhasil.
Kelima hal tersebut menunjukkan betapa pentingnya motivasi tersebut disadari pelakunya sendiri. Bila motivasi disadari oleh pelaku, maka sesuatu pekerjaan, dalam hal ini tugas belajar akan terselesaikan dengan baik.
 Motivasi belajar juga penting diketahui oleh seorang guru. Pengetahuan dan pemahaman tentang motivasi belajar pada siswa bermanfaat bagi guru. Adapun manfaat itu adalah sebagai berikut:
a. Dapat membangkitkan, meningkatkan, dan memelihara semangat siswa untuk belajar sampai berhasil.
b. Dapat mengetahui dan memahami motivasi belajar siswa di kelas bermacam-macam, ada yang acuh tak acuh, ada yang bersemangat untuk belajar
c. Dapat meningkatkan dan menyadarkan guru untuk memilih satu di antara bermacam-macam peran seperti sebagai penasihat, fasilitator, instruktur, teman diskusi, penyemangat, pemberi hadiah, atau pendidik.
d. Dapat memberi peluang kepada guru untuk unjuk kerja rekayasa pedagogis. Tugas guru adalah membuat semua siswa belajar sampai berhasil.
Dengan demikian, manfaat yang dapat diperoleh guru dari adanya motivasi belajar siswa adalah dapat mendorong guru untuk selalu melaksanakan pembelajaran dengan membangkitkan dan menjaga motivasi belajar siswa, sehingga diharapkan kegiatan belajar akan dapat berjalan dengan baik, interaksi edukatif berjalan dengan baik, serta siswa selalu menunjukkan sikap semangat dan antusias dalam belajar.

No comments:

Post a Comment