Saturday, November 3, 2018

Nama model ini sebenarnya adalah “Linear Sequential Model”. Model ini sering disebut dengan “classic life cycle” atau model waterfall


Nama model ini sebenarnya adalah “Linear Sequential Model”. Model ini sering disebut dengan “classic life cycle” atau model waterfall. Berikut adalah penjelasan dari tahap-tahap yang dilakukan dalam model Waterfall :
a) Komunikasi; Langkah ini merupakan analisa terhadap kebutuhan sistem. Pengumpulan data dalam tahap ini bisa malakukan sebuah penelitian, wawancara atau studi literatur.
b) Perencanaan; Tahapan ini akan menghasilkan jadwal atau rencana yang akan dilakukan dalam penelitian.
c) Pemodelan; Proses desain akan menerjemahkan syarat kebutuhan ke sebuah perancangan perangkat lunak yang dapat diperkirakan sebelum dibuat coding.
d) Konstruksi; Konstruksi merupakan tahapan pembuatan kode atau Coding. Coding merupakan penerjemahan design atau pemodelan dalam bahasa yang bisa dikenali oleh komputer. Setelah pengkodean selesai maka akan dilakukan testing terhadap sistem yang telah dibuat. Tujuan testing adalah menemukan kesalahan-kesalahan terhadap sistem tersebut dan kemudian bisa diperbaiki.
e) Penyerahan sistem ke para pelanggan/pengguna; Tahapan ini bisa dikatakan final dalam pembuatan sebuah sistem. Setelah melakukan analisa, design dan pengkodean maka sistem yang sudah jadi akan digunakan oleh user

No comments:

Post a Comment