Thursday, November 1, 2018

Pengertian Prestasi Belajar Menurut Pakar serta Penjelasannya


Pengertian Prestasi Belajar
Istilah prestasi belajar berasal dari dua kata yaitu prestasi dan belajar. Istilah prestasi dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia diartikan sebagai hasil yang dicapai, dilakukan, dikerjakan. prestasi merupakan suatu hasil yang telah dicapai oleh individu yang melakukan suatu pekerjaan. Prestasi belajar merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar, karena kegiatan belajar merupakan proses, sedangkan prestasi merupakan hasil dari proses belajar. Memahami pengertian prestasi belajar secara garis besar harus bertitik tolak kepada pengertian belajar itu sendiri. Untuk itu para ahli mengemukakan pendapatnya yang berbeda-beda sesuai dengan pandangan yang mereka anut. Namun dari pendapat yang berbeda itu dapat kita temukan satu titik persamaan.
Menurut I Wayan Nurkancana, prestasi hasil belajar adalah kecakapan baru yang diperoleh seorang individu yang mempengaruhi tingkah lakunya. Sedangkan menurut Nana Sudjana, prestasi belajar merupakan bentuk-bentuk kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia
menerima pengalaman belajar.56 Hasil belajar adalah perubahan perilaku secara keseluruhan bukan hanya salah satu aspek potensi kemanusiaan saja, artinya, hasil pembelajaran yang dikategorikan oleh pakar pendidikan.

Sehubungan dengan prestasi belajar, Poerwanto memberikan pengertian prestasi belajar yaitu “Hasil yang dicapai oleh seseorang dalam usaha belajar sebagaimana yang dinyatakan dalam raport”
Selanjutnya Winkel seperti dikutip Djamarah mengatakan bahwa “Prestasi belajar adalah suatu bukti keberhasilan belajar atau kemampuan seseorang siswa dalam melakukan kegiatan belajarnya sesuai dengan bobot yang dicapainya”.
Sedangkan menurut S. Nasution prestasi belajar adalah kesempurnaan yang dicapai seseorang dalam berfikir, merasa dan berbuat. Prestasi belajar dikatakan sempurna apabila memenuhi tiga aspek yakni:  Dengan demikian, kognitif, affektif dan psikomotor, sebaliknya dikatakan prestasi kurang memuaskan jika seseorang belum mampu memenuhi target dalam ketiga kriteria tersebut. Proses belajar dan mengajar adalah fenomena yang kompleks, segala sesuatunya berarti, setiap kata, pikiran, tindakan dan asosiasi sampai sejauh mana mengubah lingkungan belajar, presentasi dan rancangan pengajaran, sejauh itu pula proses belajar berlangsung.
Berdasarkan dari beberapa pendapat para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar adalah hasil usaha belajar yang dicapai seorang siswa berupa suatu kecakapan dari kegiatan belajar yang berupa ranah pengetahuan, nilai dan sikap serta keterampilan yang diperoleh siswa dari mengerjakan soal tes formatif yang ditunjukkan dengan nilai dan setiap akhir semester dilaporkan dengan rapor.

No comments:

Post a Comment