Pengertian Prestasi Belajar
Istilah prestasi belajar berasal dari dua kata yaitu prestasi dan belajar. Istilah prestasi
dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia diartikan sebagai hasil yang dicapai,
dilakukan, dikerjakan. prestasi merupakan suatu hasil yang telah dicapai oleh individu
yang melakukan
suatu pekerjaan. Prestasi belajar merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar, karena
kegiatan belajar merupakan proses, sedangkan prestasi merupakan hasil dari proses belajar. Memahami pengertian prestasi belajar secara
garis besar harus bertitik tolak kepada pengertian belajar itu sendiri. Untuk
itu para ahli mengemukakan pendapatnya yang berbeda-beda sesuai dengan pandangan yang mereka anut. Namun dari pendapat yang berbeda itu
dapat kita temukan satu titik persamaan.
Menurut I Wayan Nurkancana, prestasi hasil belajar adalah kecakapan baru yang
diperoleh seorang individu yang mempengaruhi tingkah lakunya. Sedangkan menurut Nana Sudjana, prestasi belajar merupakan bentuk-bentuk
kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia
menerima pengalaman belajar.56
Hasil belajar adalah perubahan perilaku secara keseluruhan bukan hanya salah satu aspek
potensi kemanusiaan saja, artinya, hasil pembelajaran yang dikategorikan oleh pakar pendidikan.
Sehubungan dengan prestasi belajar, Poerwanto memberikan pengertian prestasi belajar
yaitu “Hasil yang dicapai oleh seseorang dalam usaha belajar sebagaimana yang dinyatakan dalam raport”
Selanjutnya Winkel seperti dikutip Djamarah mengatakan bahwa
“Prestasi belajar
adalah suatu bukti keberhasilan belajar atau kemampuan seseorang siswa dalam melakukan
kegiatan belajarnya sesuai dengan bobot yang dicapainya”.
Sedangkan menurut S. Nasution prestasi belajar adalah kesempurnaan yang dicapai
seseorang dalam berfikir, merasa dan berbuat. Prestasi belajar dikatakan sempurna apabila memenuhi tiga aspek
yakni: Dengan
demikian, kognitif, affektif dan psikomotor, sebaliknya dikatakan prestasi
kurang memuaskan
jika seseorang belum mampu memenuhi target dalam ketiga kriteria tersebut. Proses
belajar dan mengajar adalah fenomena yang kompleks, segala sesuatunya berarti, setiap kata, pikiran,
tindakan dan asosiasi
sampai sejauh mana mengubah lingkungan belajar, presentasi dan rancangan pengajaran, sejauh
itu pula proses belajar berlangsung.
Berdasarkan dari beberapa pendapat para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa prestasi
belajar adalah hasil usaha belajar yang dicapai
seorang siswa berupa suatu kecakapan dari kegiatan belajar yang
berupa ranah
pengetahuan, nilai dan sikap serta keterampilan yang diperoleh siswa dari mengerjakan soal tes
formatif yang ditunjukkan dengan nilai dan setiap akhir semester dilaporkan dengan rapor.
No comments:
Post a Comment