Thursday, November 1, 2018

Tujuan dan Fungsi Pembelajaran SKI Sejarah Kebudayaan Islam


Fungsi Mata Pelajaran SKI
Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berfungsi :
a. Mengenalkan peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah perkembangan Islam.
b. Mengenalkan perubahan-perubahan kehidupan dan peradaban masyarakat yang dibawa Islam.
c. Menanamkan nilai-nilai Iskam dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Tujuan Pembelajaran SKI
Mata Pelajaran SKI bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan: 1) Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam. 2) Membangun kesadaran peserta tentang pentingnya
waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini dan masa depan. 3) Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasrkan pada pendekatan ilmiah. 4) Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan pserta didik terhadap peninggalan sejarah sebagai bukti peradaban umat Islam masa lampau. 5) Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprsetasi, dan mengkaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik ekonomi, iptek dan seni dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

Jadi sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah merupakan salah satu mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan, peranan kebudayaan peradaban Islam dan para tokoh yang berprestasi dalam sejarah Islam pada masa lampau, mulai dari sejarah masyarakat Arab pra-Islam, sejarah kelahiran dan kerasulan Nabi Muhammad SAW sampai dengan masa Khulafaurrasyidin.
Secara substansial, mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, sejarah kebudayaan Islam, yang mengandung nilainilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan, membentuk sikap, watak, dan kepribadian peserta didik.

No comments:

Post a Comment