PENDEKATAN
PEMASARAN POLITIK (POLITICAL MARKETING) DALAM PEMILIHAN UMUM
Pendekatan
Pemasaran Politik (Political Marketing) di Indonesia mulai dikenal di Indonesia
dalam pemilihan umum di era reformasi. Pendekatan ini semakin dikenal sejalan
dengan keberhasilan partai-partai baru yang melakukan pendekatan ini dalam
berbagai kampanyenya sehingga memperoleh jumlah kursi yang signifikan di
lembaga perwakilan. Sebagai pendekatan, political marketing tidak menjamin
kemenangan, namun paling tidak dapat memberikan alat pemahaman bahwa politik
dapat ditawarkan dengan memakai pendekatan pemasaran produk komersial. Salah
satu hal yang penting dalam pendekatan ini adalah dengan melakukan upaya
pemahaman terhadap pemilih dengan mengelompokkan mereka dalam kelompok tertentu
atau disebut segmentasi. Masing-masing segmen dianggap homogen sehingga dapat
disusun program yang efektif bagi kelompok tersebut. Pengenalan terhadap
khalayak pemilih ini merupakan bagian yang penting dalam penyusunan program
kampanye pemilu.
No comments:
Post a Comment