Thursday, November 1, 2018

Tujuan dan Fungsi Motivasi Belajar Menurut Para Pakar Teori Konsep Serta penjelasannya


Tujuan dan Fungsi Motivasi Belajar
Secara umum tujuan motivasi adalah untuk menggerakkan atau menggugah seseorang agar timbul keinginan dan kemauannya untuk melakukan sesuatu sehingga dapat memperoleh hasil atau mencapai tujuan tertentu. Bagi seorang guru, tujuan motivasi adalah untuk menggerakkan para siswanya agar timbul keinginan dan kemauannya untuk meningkatkan
prestasi belajarnya sehingga tercapai tujuan pendidikan sesuai yang diharapkan dan ditetapkan di dalam kurikulum sekolah. Adapun fungsi dari motivasi secara rinci adalah sebagai berikut:

a. Memberi semangat dan mengaktifkan siswa agar tetap berminat dan siaga untuk belajar.  
b. Memusatkan perhatian anak pada tugas-tugas tertentu yang berhubungan dengan pencapaian tujuan belajar.  
c. Membantu memenuhi kebutuhan akan hasil jangka pendek dan hasil  jangka panjang belajar.
Menurut Syaiful Bahri Djamarah, fungsi motivasi dalam belajar adalah sebagai berikut:
a. Motivasi sebagai pendorong perbuatan
Pada mulanya anak didik tidak ada hasrat untuk belajar, tetapi karena ada sesuatu yang dicari muncullah minatnya untuk belajar. Jadi motivasi yang berfungsi sebagai pendorong ini mempengaruhi sikap apa yang seharusnya anak didik ambil dalam rangka belajar.
b. Motivasi sebagai penggerak perbuatan Dorongan psikologis yang melahirkan sikap terhadap anak didik itu merupakan suatu kekuatan yang tidak terbendung, yang kemudian terjelma dalam bentuk gerakan psikofisik.
c. Motivasi sebagai pengarah perbuatan
Anak didik yang mempunyai motivasi dapat menyeleksi mana perbuatan yang harus dilakukan dan mana perbuatan yang tidak harus dilakukan.
Menurut Tabrani Rusyan, fungsi motivasi antara lain sebagai berikut:
a. Mendorong timbulnya kelakuan atau perbuatan.
b. Mengarahkan aktivitas pembelajaran.
c. Menggerakkan dan menentukan cepat atau lambatnya suatu perbuatan.
Berkaitan dengan proses belajar siswa, motivasi belajar
sangatlah diperlukan. Motivasi mempunyai peranan penting dalam proses belajar mengajar baik bagi guru maupun siswa. Bagi guru mengetahui motivasi belajar dari siswa sangat diperlukan guna memelihara dan meningkatkan semangat belajar siswa. Misalnya apabila ada beberapa siswa yang diketahui mempunyai motivasi yang rendah pada mata pelajaran tertentu dikarenakan penggunaan metode yang kurang bisa diterima oleh siswa-siswanya, maka bagi seorang guru dengan mengetahui tanda-tanda siswa-siswanya tidak bermotivasi dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, guru tersebut akan mengintropeksi diri dengan metode yang digunakan dan akan memperbaiki metode yang digunakan atau bahkan akan menggunakan metode lain untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa-siswanya. Materi pembelajaran merupakan salah satu komponen sistem pembelajaran yang memegang peranan penting dalam membantu siswa mencapai kompetensi dasar dan standar kompetensi.  
Berdasarkan dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa setiap tindakan motivasi mempunyai tujuan dan fungsi. Makin jelas tujuan yang diharapkan atau akan yang dicapai, makin jelas pula bagaimana tindakan memotivasi itu dilakukan.
Oleh karena itu, guru yang akan memberikan motivasi harus mengenal dan memahami benar kebutuhan dan kepribadian siswa yang akan dimotivasi.

No comments:

Post a Comment