Matematika pada dasarnya bukanlah pelajaran yang sulit jika
dipelajari secara urut dan dipahami. Pelajaran ini menjadi terasa sulit untuk
diajarkan maupun dipelajari, salah satunya adalah karena proses pembelajaran
tersebut tidak didasari atas tuntutan pada peserta didik untuk memahami akan
tetapi lebih kepada tuntutan agar peserta didik mampu menyelesaikan soal-soal
hitung yang diberikan.
Menurut Risnawati (2008: 2) Mata pelajaran matematika untuk
Sekolah Menengah Pertama (SMP)/ Madrasah Tsanawiyah (MTs) bertujuan agar
peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1. Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep
dan mengaplikasikan konsep atau logaritma, secara luwes, akurat, efisien, dan
tepat dalam pemecahan masalah.
2. Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi
matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan
dan pernyataan matematika.
3. Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model
matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
4. Mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain
untuk memperjelas keadaan atau masalah.
5. Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan,
yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari
matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah. Pada
tujuan keempat terlihat bahwa salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah mampu
melakukan komunikasi secara matematis.Adapun yang dimaksud kemampuan komunikasi
matematis tersebut yaitu kemampuan dalam menulis, membaca, menyimak, menelaah,
menginterpretasikan dan mengevaluasi ide, simbol, istilah, serta informasi matematika.
No comments:
Post a Comment