Thursday, November 1, 2018

Pengertian Strategi Pembelajaran Konsep Teori Dan Aplikasi


Secara etimologi (bahasa), strategi bisa diartikan sebagai siasat, kiat, trik, atau cara. Sedang secara umum strategi mempunyai pengertian suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan. Dihubungkan dengan belajar mengajar, strategi bisa diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan guru dan anak didik dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan.
Menurut M. Basyiruddin Usman, strategi pembelajaran merupakan pola umum perbuatan guru-siswa dalam mewujudkan kegiatan belajar mengajar. Pengertian strategi dalam hal ini menujukkan pada karakteristik abstrak perbuatan guru-siswa dalam peristiwa belajar aktual tertentu
Ahmad Sabri mengemukakan bahwa strategi mengajar pada dasarnya adalah tindakan nyata dari guru atau merupakan praktek guru melaksanakan pengajaran melalui cara tertentu yang dinilai lebih efektif danefisien. Jadi, strategi pembelajaran merupakan taktik yang mencerminkan langkah sistematis yang digunakan guru dalam pembelajaran di kelas sehingga tujuan pembelajaran yang ditetapkan dapat tercapai. Salah satu langkah untuk memiliki strategi pembelajaran ini adalah guru harus mampu menguasai model pembelajaran. Model pembelajaran adalah pola yang digunakan sebagai pedoman dan merencanakan pembelajaran di kelas. Sedangkan menurut Arends dalam Agus Suprijono, model pembelajaran mengacu pada pendekatan yang akan digunakan, termasuk di dalamnya tujuan-tujuan pembelajaran, tahaptahap kegiatan pembelajaran, lingkungan pembelajaran dan pengelolaan kelas.
Setiap model pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru mempunyai sasaran tertentu yang ingin dicapai. Untuk tercapainya tujuantujuan itu diperlukan cara-cara menyampaikan materi pembelajaran yang akan disajikan kepada siswa. Model pembelajaran perlu dipahami guru agar dapat melaksanakan pembelajaran secara efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran. Joyce & Weil seperti yang dikutip Rusman mengemukakan bahwa model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum (rencana pembelajaran jangka panjang), merancang bahan-bahan pembelajaran, dan membimbing pembelajaran di kelas.
Menurut Nur Hamiyah dan Muhamad Jauhar, model pembelajaran merupakan cara, contoh, maupun pola yang mempunyai tujuan untuk menyajikan pesan kepada siswa yang harus diketahui, dimengerti, dan dipahami, yaitu dengan cara membuat suatu pola dengan bahan-bahan yang dipilih oleh guru sesuai dengan materi yang diberikan dan kondisi dalam kelas. Dengan demikian, pengguatan model pembelajaran yang didapat akan turun menentukan efektivitas dan efisiensi pembelajaran. Pembelajaran perlu dilakukan dengan sedikit ceramah dan penerapan model pembelajaran yang berpusat pada guru serta lebih menekankan pada siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran.

No comments:

Post a Comment