Tuesday, March 14, 2017

GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM PERILAKU ORGANISAS

KAJIAN TERHADAP GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM PERILAKU ORGANISASI

1.        Latar Belakang
Situasi global yang semakin kompetitif, mengharuskan suatu organisasi mempunyai kemampuan untuk bertahan. Globalisasi serta kemajuan teknologi informasi menciptakan realitas persaingan baru yang semakin ketat. Persaingan-persaingan tersebut telah menuntut banyak organisasi untuk melakukan perubahan-perubahan di dalamnya. Menghadapi berbagai perubahan tersebut, para pemimpin perlu memikirkan kembali bagaimana cara mengelola sumber daya manusia dan institusinya.

Sejarah pertumbuhan peradaban manusia banyak menunjukan bukti bahwa salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dan keberlangsungan organisasi, banyak di tentukan oleh pemimpin, karena pemimpin merupakan pengendali dan penentu arah yang hendak ditempuh organisasi menuju tujuan yang akan dicapai[1]. Seoarang pemimpin yang melaksakan kepemimpinanya secara efektif akan dapat  menggerakan sumber daya manusia yang ada dalam organisasi ke arah tujuan yang di cita-citakan, sebaliknya pemimpin yang keberadaannya hanya sebagai figur dan tidak memliki pengaruh terhadap kepemimpinanya akan mengakibatkan lemahnya kinerja karyawan dalam organisasi.

Memasuki era yang baru ini gaya kepemimpinan telah menjadi sesuatu yang diprioritaskan, dimana gerak-gerik perusahaan ataupun organisasi dapat terlihat dari kemampuan para pemimpinnya, sejauh mana mereka bisa memajukan perusahaan tersebut dan memahami peran karyawan atau bawahan mereka. Menurut (Nawawi, 2003) gaya kepemimpinan diartikan sebagai perilaku atau cara yang dipilih dan dipergunakan pemimpin dalam mempengaruhi pikiran, perasaan, sikap, dan perilaku organisasinya. Gaya kepemimpinan adalah cara seorang pemimpin mempengaruhi perilaku bawahan, agar  mau  bekerja sama dan bekerja secara produktif untuk mencapai tujuan organisasi.

Dengan berbagai gaya kepemimpinan yang ada pada saat ini, peran seorang pemimpin sangat mendesak, bagaimana para pemimpin menjalankan sistem kepemimpinannya dengan menggerakkan bawahan sebagai pelaksana mobilitas organisasinya. Apakah pemimpin tersebut mendapat efek yang positif dari bawahannya atau menjadi dampak yang kurang menyenangkan bagi bawahan. Hal inilah yang membuat peran pemimpin menjadi landasan dasar kemajuan perusahaan ataupun organisasi.

Di dalam organisasi elemen terpenting selain gaya kepemimpinan terkhusus bagi kepemimpinan transformasional adalah motivasi bawahan. Menurut Yulk (2005), kepemimpinan transformasional adalah suatu proses dimana para pemimpin dan anggota saling menaikkan diri ke tingkat moralitas dan motivasi yang lebih tinggi. Di dalam kepemimpinan transformasional, pemimpin menciptakan visi dan lingkungan dan memberikan motivasi bawahan dalam berprestasi. Implikasinya bawahan akan merasa kagum, percaya, dan  loyal pada pimpinan.



Hal inilah yang  menunjukkan  kepemimpinan transformasional memberikan dampak positif pada motivasi  bawahan.  Keberadaan seorang pemimpin dalam organisasi sangat dibutuhkan untuk membawa organisasi kepada tujuan yang telah ditetapkan. Berbagai gaya kepemimpinan akan  mewarnai perilaku seorang pemimpin dalam  menjalankan tugasnya. Bagaimanapun gaya kepemimpinan seseorang tentunya akan diarahkan untuk kepentingan bersama yaitu kepentingan anggota dan organisasi. Kepemimpinan seseorang dapat mencerminkan karakter pribadinya disamping  itu dampak kepemimpinannya akan berpengaruh  terhadap Stress kerja dan Komitmen organisasi bawahannya.

Seseorang dengan menerima tuntutan tugas yang tinggi akan dapat menimbulkan kemauan yang  keras untuk mau mengerjakan suatu kegiatan yang  menjadi  kewajibannya dan bahkan tidak segan-segan melaksanakan tugas di luar perannya.

Singkatnya, makalah  ini akan mengkaji gaya kepemimpinan  transformasional dalam perilaku organisasi.



[1] Mulyasa, Manajemen berbasis Sekolah, Konsep, Strategi, dan Implementasi (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002)Hlm.117

No comments:

Post a Comment