Tuesday, March 14, 2017

PENGELOLAAN MANAJEMEN MASJID

PENGELOLAAN MANAJEMEN MASJID       
      Sebagian besar manusia tidak terlepas dari aktifitas organisasi sejak di lahirkan sampai meninggal, karena organsasi merupakan unsur yang sangat di perlukan oleh masyarakat modern dan beradab. Pada masyarakat modern makhluk sosial yang harus bekerja sama karena seseorang terpaksa dalam memenuhi kebutuhan yang tidak dapat di penuhi diri sendiri, melainkan harus memerlukan bantuan pihak lain yakni organisasi.
Suatu contoh organisasi islam antara lain organisasi remaja masjid. Remaja masjid adalah merupakan wadah kerja sama yang di lakukn oleh dua orang remaja muslim atau lebih yang memiliki keterkaitan dengan masjid untuk mencapai tujuan bersama. Mengingat keterkaitannya dengan masjid maka peran organisasi ini adalah memakmurkan masjid.
Pengelolaan manjemen masjid menempati posisi sangat penting dan sekaligus kompleks karena berupaya untuk mencapai tujuan-tujuan agar lebih efektif dan efisien. Cara dan pola kerja yang efektif dan efisien ini tidak dapat di lakukan oleh satu atau dua orang saja, apalagi mengurus masjid yang artinya sama dengan mengurus dan mengelola umat itu sendiri.
Makna masjid berasal dari bahasa arab sajjada yang berarti tempat sujud atau menyembah Allah Swt. Bumi yang kita tempati ini adalah masjid bagi kaum muslimin. Setiap muslim boleh melakukan sholat dimanapun dibumi ini. Masjid tidak bisa dilepaskan dari masalah sholat. Masjid merupakan tempat orang berkumpul dan melakukan sholat secara berjamaah, dengan tujuan meningkatkan solidaritas dan silaturahmi dikalangan kaum muslimin. Manajemen masjid harus dilaksanakan sebagai pengalaman dan hubungan manusia dengan Allah Swt.[1]










[1] Sunyoto Rais, 1994, pengelolaan organisasi dan manajemen, sinar baru, bandung, hlm.: 7

No comments:

Post a Comment