Tuesday, March 14, 2017

MAKNA HIJAB atau BERHIJAB

Salah satu makna hijab
1.                  Pakaian yang menutup dari atas kepala sampai ke bawah, sebagaimana yang dituturkan oleh Ibnu             Abbas. (Lihat Tafsri Al-Alusy 22/88).
2.         .Pakaian sejenis kerudung besar yang menutupi semua badan, sebagaimana yang dituturkan oleh   Ibnu Abbas dan Ibnu Mas’ud.(Lihat Tafsir Ats­Tsa’labi 2/581).

            Hadits yang mengancam wanita tidak masuk surga karena tidak berjilbab. Rasulullah r bersabda: Ada dua kelompok termasuk ahli neraka, aku belum pernah melihatnya: Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapl, mereka memukul manusia dengan cambuknya, dan wanita yang kasiyat (berpakain tapi telanjang baik karena tipis, atau pendek yang tidak menutup semua auratnya), Mailat mumilat (bergaya ketika berjalan, ingin diperhatikan orang) kepala mereka seperti punuk onta yang berpunuk dua. Mereka tidak masuk surga dan tidak mendapatkan baunya padahal bau surga itu akan didapati dari sekian dan sekian (perjalanan 500 th).. (HR. Muslim 3971, Ahmad 8311 dan Imam Malik 1421)
Ketahuilah, bahwasanya ibadah yang hanya diterima oleh Allah hanyalah semata mengharap Ridha-Nya dan harus didasari dengan rasa ikhlas. Ikhlas berarti melakukan bebagai macam kebaikan hanya mencari ridha Allah dan sesuai dengan syariat islam. Ibadah yang dilakukan tidak didasari dengan ikhlas, maka akan sia-sia.

Ketika banyak orang dewasa mengatakan bahwa berhijab menunggu sampai mereka mempunyai suami itu adalah hal sangat keliru bahkan hal yang sangat salah. Karena berhijab adalah salah satu cara kita menghormati ALLAH SWT. Ketika banyak yang mengatakan belum berhijab karena belum dapat hidayah itu sangat keliru, karena hidayah bukan di tunggu tapi di jemput.
Katanya berhijab itu dimulai dari menghijabi hati, padahal berhijab adalah langkah awal memperbaiki diri. Seperti apa yang telah di firmankan ALLAH SWT dalam surah An-nuur ayat 31. Yang artinya:

" Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dada mereka dan janganlah menampakkan perhiasan mereka, kecuali yang biasa nampak"   

No comments:

Post a Comment