Tuesday, March 14, 2017

Ilmu Kesejahteraan Sosial di Indonesia

Ilmu Kesejahteraan Sosial  fokus mengkaji mengenai peningkatan kualitas hidup manusia. Didalamnya mempelajari isu-isu permasalahan sosial serta strategi penanganan yang bertujuanmemperbaiki serta meningkatkan keberfungsian social individu dan masyarakat dalam rangka mewujudkan kesejahteraan social.
Sebagai sebuah disiplin ilmu yang bergerak dalam mewujudkan kesejahteraan sosial,  Ilmu Kesejahteraan Sosial dituntut mampu mensinergikan ilmu serta teori-teori kedalam dunia praktek ditengah realita sebenarnya. Praktek pekerjaan social menjadi wadah penting dalam memfasilitasi mahasiswa sebagai ajang pengaplikasian teori yang telah didapat selama dikelas. Tentu praktek pekerjaan sosial menjadi tantangan bagi mahasiswa, jika di kelas hanya dapat menggambarkan secara visual dalam angan, dan prektaklah yang mengantarkan mahasiswa pada dunia realita dengan bebagai permasalahan yang akan dihadapi. Dengan adanya media praktek pekerjaan sosial di lembaga, diharapkan Ilmu Kesejahteraan Sosial mampu memenuhi tujuan utamanya sebagai pencetak para Pekerja Sosial Profesional.
Untuk mengakomodir dan menunjang praktek pekerjaan sosial, Bahwasanya profesi pekerjaan sosial atau peksos menjangkau semua lini seperti, peksos medis, peksos pendidikan, peksos indusri, peksos koreksional, peksos anak dan keluarga, serta pekerja sosial disabilitas. Semua itu hanya klasifikasi yang membedakan ranah penanganan, namun semua jenis peksos memiliki muara ilmu pengetahuan dan keterampilan yang sama serta tujuan yang sama, yaitu mengenmbalikan keberfungsian sosial individu maupun kelompok. 

No comments:

Post a Comment