Tuesday, March 14, 2017

PARIWISATA DEMAK DAN UPAYA PENGEMBANGANNYA

PARIWISATA DEMAK DAN UPAYA PENGEMBANGANNYA

Di susun oleh:
M. Latif Basafi


KECAMATAN KARANG TENGAH KABUPATEN DEMAK
201



Kata Pengantar

Alhamdulillah puji syukur kepada Allah SWT karena atas rahmat dan karunia-Nya, sehingga karya tulis yang berjudul “PARIWISATA DEMAK DAN UPAYA PERKEMBANGANNYA” dapat di selesaikan.
Dengan tersusunnya karya tulis ini diharapkan dapat membantu memberikan pengetahuan dan dapat membuka wawasan yang lebih luas tentang perkembangan kota Demak kepada pembaca agar mengenal lebih dalam tentang Demak dan pariwisatanya.








                                                            Demak, 22 juli 2015
                                                                                                penulis
                                                                                    Rima Andriani Safida

                                                                                                                                  ii
Daftar isi
Cover    …………………………………….............…………………….. i
Kata Pengantar………………………………..…………………….….... .ii
Daftar Isi ………………………….....………………………….…...........iii
I Pendahuluan …………………………….………………………..…...... 1
I.I Latar Belakang ……………………………….....…………….....1
I.II Rumusan Masalah ……………………………………...............1
I.III Tujuan Pembahasan ………………………………......……….1
II. Isi …………………………………………………………...........…… 2
II.I Obyek Wisata kota Demak ……….............................................2
  Upaya memajukan pariwisata Kota  Demak...……………….... 4
III. Penutup ……………………….................…………...…….......….… 5
Kesimpulan......…………………….......………………………....……… 5
Saran.... ……………………………...…………………….........………... 5
Daftar Pustaka …………………/......……………………………..........…………6

                                                                                                                      iii
BAB I
PENDAHULUAN
I.I  Latar Belakang
Sejarah terbentuknya suatu kota menjadi hal menarik untuk dipelajari dan di nikmati keindahannya, terlebih sejarah yang membawa adat tradisional telah banyak di lupakan, hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjungi obyek wisata di kota Demak.
Setiap sudut kota Demak mempunyai keunikan dan ragam adat istiadat untuk dinikmati keindahannya, terutama obyek wisata religi serta budayanya.
1.2 Rumusan Masalah
            1. Apa saja obyek wisata kota Demak?
            2. Bagaimana upaya untuk memajukan pariwisata kota Demak?
1.3 Tujuan pembahasan
            1.Mengenal lebih dalam berbagai macam obyek wisata kota Demak.
            2. Memberikan upaya pengembangan terhadap tempat wisata kota Demak.


                                                                                                                                  1
BAB II
ISI

2.1 Obyek Wisata Kota Demak
Obyek wisata merupakan daya tarik yang dapat menarik para wisatawan untuk datang dan mengenali wisata kota Demak. Demak yang terkenal sebagai kota Wali mengunggulkan Masjid Agung Demak sebagai obyek wisata utama yang termasyhur  ke seluruh Indonesia. Selain itu juga wisata pantai dan adat yang masih melekat selalu menarik wisatawan yang penasaran  akan budaya dan adat tradisional yang masih di lestarikan hinnga sekarang, salah satunya grebeg besar dan ruwatan.
            2.1.a. Masjid Agung Demak
Masjid Agung Demak adalah masjid tertua di pulau Jawa yang menjadi bukti masuknya agama islam ke pulau Jawa sebagai peninggalan kesultanan glagah wangi bintoro Demak, masjid yang dibuat oleh para wali ini di buat dalam satu malam berdiri kokoh dengan bantuan 4 saka guru yang menopang atapnya, saka sebelah tenggara di buat oleh Sunan Ampel, sebelah barat daya di buat oleh Sunan Gunung Jati, sebelah barat laut adalah buatan Sunan Bonang, dan yang di sebelah timur laut disebut sebagai saka tatal, karen adubuat dari beberapa potong balok kayu yang diikat menjadi satu di buat oleh Sunan Kalijaga.  Atap yang berbentuk limas mengandung arti akidah islamiah yaitu iman, islam dan ikhsan. Pada serambi masjid terdapat 8 buah soko guru yang
                                                                                             2
merupakan hadiah dari kerajaan majapahit, yaitu: Prabu Brawijaya V Raden Kerthabumi. Masjid Agung Demak di lengkapi dengan menara adzan yang dulunya berfungsi untuk mengumandangkan adzan sebagai pertanda bahwa waktu shalat telah tiba.
2.1.b. Makam Kadilangu
Makam Kadilangu merupakan makam sunan kalijaga yang banyak dikunjungi para peziarah untuk mendoakan beliau yang telah menyebarkan ajaran islam diPulau Jawa terutama kota Demak. Di sekitar makam ini pula dilakukan penjamasan keris pusaka peninggalan Sunan Kalijaga.
2.1.c. Morosari
Selain wisata religinya, Demak juga terkenal sebagai wisata pantainya yang juga tidak luput dari adat kebudayaanya, panorama laut yang indah serta hutan mangrove yang menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjunginya menjadikan pantai Morosari sebagai wisata bahari yang ada di kota Demak. Keunikan dari pantai ini adalah adanya makam ditengah laut dimana makam ini tidak pernah tenggelam meskipun berada di tengah tengah hamparan air laut, makam tersebut adalah makam syeh Mudzakir.       
2.1d. Wisata Agro
Kabupaten Demak terkenal sebagai penghasil jambu air dan belimbing yang menjadi oleh oleh utama yang wajib dibawa ketika singgah ke kota Demak ini. Selain membeli wisatawan juga dapat memetik sendiri buah yang menjadi primadona ini, tepatnya di desa Tempuran, Mranak, dan Sidomulyo.
                                                                                             3
Selain wisata buahnya, ada pula buah tangan yang juga khas dengan daerah pesisir yaitu ikan asap yang dibuat sendiri oleh para nelayan di kecamatan Bonang.
2.2 Upaya pengembangan wisata kota Demak
Semakin majunya kota Demak sebagai kota Wali, Demak semakin memperbaiki dan membenahi diri menjadi kota yang lebih baik dan menjadi kota yang bersih untuk memberikan kenyamanan bagi para wisatawan  yang datang berkunjung atau hanya sekedar singgah dan lewat saja, karena kenyamanannya itulah sehingga dapat memberikan kesan yang baik dan akan lebih menarik wisatawan untuk mempelajari dan menikmati indahnya kota Demak.
Sepanjang jalan kota Demak, wisatawan akan di sajikan dengan bantaran sungai yang membentang sepanjang jalan, sungai ini menjadi ciri khas kota Demak yang melekat pada wisatawan yang berkunjung. Sungai ini agaklah lebih elok dengan dilakukannya pembersihan dan dibuat lebih rapi dengan adanya terasering di tepi sungai.




                                                                                                                                  4
BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Objek wisata yang ada di kota Demak merupakan peninggalan sejarah yang mengandung nilai historis yang sangat penting bagi perkembangan kota Demak,sehingga perlu dilestarikan. Karena selain nilai historisnya tadi, obyek wisata ini menjadi sektor pariwisata yang membawa keuntungan di bidang perekonomian.

3.2 Saran

Dengan adanya berbagai obyek pariwisata diDemak, sehingga masih perlu diadakan  pengolahan daerah dengan membersihkan setiap sudut kota sehingga wisatawan yang datang akan merasa nyaman dan tertarik berkunjung ke Demak.

No comments:

Post a Comment