Tuesday, March 14, 2017

PEMBELAJARAN INTERAKTIF

Model pembelajaran Interaktif adalah suatu cara atau teknik pembelajaran yang digunakan guru pada saat menyajikan bahan pelajaran dimana guru pemeran utama dalam menciptakan situasi interaktif yang edukatif, yakni interaksi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa dan dengan sumber pembelajaran dalam menunjang tercapainya tujuan belajar. Menurut Djamarah (1998) proses belajar mengajar keterlibatan siswa harus secara totalitas, artinya melibatkan pikiran, penglihatan, pendengaran dan psikomotor (keterampilan, salah satunya sambil menulis). Dalam proses mengajar seorang guru harus mengajak siswa untuk mendengarkan, menyajikan media yang dapat dilihat, memberi kesmpatan untuk menulis dan mengajukan pertanyaan atau tanggapan sehingga terjadi dialog kreatif yang menunjukan proses belajar mengajar yang interaktif.
Teori pengembangan piaget menggunakan metode kontruktivis, yang pada hakikatnya menggunakan pengembangan kognitif sebagai suatu proses diman anak dituntut secara aktif dalam membangun sistem dan maknaserta pemahaman atas realitas melalui pengalaman dan interaksi[1].



[1] Trianto, Mendesain Model pembelajaran Inovatif_Progresif, Konsep dan Implementasinya Pada Kurikulum. Tingkkat Satuan Pendidikan KTSP, hlm 29

No comments:

Post a Comment