Model pembelajaran Interaktif adalah
suatu cara atau teknik pembelajaran yang digunakan guru pada saat menyajikan
bahan pelajaran dimana guru pemeran utama dalam menciptakan situasi interaktif
yang edukatif, yakni interaksi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa dan
dengan sumber pembelajaran dalam menunjang tercapainya tujuan belajar. Menurut
Djamarah (1998) proses belajar mengajar keterlibatan siswa harus secara
totalitas, artinya melibatkan pikiran, penglihatan, pendengaran dan psikomotor
(keterampilan, salah satunya sambil menulis). Dalam proses mengajar seorang
guru harus mengajak siswa untuk mendengarkan, menyajikan media yang dapat
dilihat, memberi kesmpatan untuk menulis dan mengajukan pertanyaan atau
tanggapan sehingga terjadi dialog kreatif yang menunjukan proses belajar
mengajar yang interaktif.
Teori
pengembangan piaget menggunakan metode kontruktivis, yang pada hakikatnya
menggunakan pengembangan kognitif sebagai suatu proses diman anak dituntut
secara aktif dalam membangun sistem dan maknaserta pemahaman atas realitas
melalui pengalaman dan interaksi[1].
[1] Trianto,
Mendesain Model pembelajaran Inovatif_Progresif, Konsep dan Implementasinya
Pada Kurikulum. Tingkkat Satuan Pendidikan KTSP, hlm 29
No comments:
Post a Comment