A.
Konsep Teknik Humas
·
Tugas utama
seorang praktisi humas adalah berkomunikasi.
·
Seorang praktisi
humas harus mampu menyajikan informasi yang menarik, jelas, dan efektif kepada
public.
·
praktisi humas
harus mampu mendengar respons public terhadap apa yang sudah disampaikannya.
·
Komunikasi
dengan berbagai public yang dilakukan oleh petugas humas sebagai wakil
organisasi.
B.
Teknik Komunikasi Lisan
·
Teknik
komunikasi lisan dengan melakukan presentasi.
Dalam mempersiapkan presentasi, seorang praktisi
humas perlu mempertimbangkan tiga hal utama, yakni khalayak atau audiens,
tujuan atau maksud presentasi dan pesan yang akan disampaikan dalam presentasi.
·
analisis profil
khalayak perlu dilakukan dari segi demografi psikografi, dan kepentingan
khalayak.
·
Analisis
audiens.
Menganalisis dengan
factor demografi meliputi agama, status social, ekonomi, pekerjaan, umur, jenis
kelamin, dan sebagainya. Factor psikografi khalayak meliputi sikap,
nilai-nilai, dan kepercayaan yang mereka anut.
·
Tujuan dan
maksud organisasi.
yang ingin dicapai dalam sebuah presentasi : Memberi
informasi, Membujuk atau mempengaruhi sikap public, Menghibur, Mengarahkan
dan member instruksi.
·
Pesan yang
disampaikan.
C.
Teknik Hubungan Media.
·
media massa
merupakan saluran komunikasi yang dapat digunakan oleh praktisi humas untuk
menyampaikan pesan-pesan dari lembaga kepada public.
·
media masa
merupakan salah satu pembentuk pendapat umum yang bisa mempengaruhi keberadaan
lembaga.
·
Media ini
berhasil menjadikan suatu isu penting bagi khalayak.
·
Media masa
menjadi penguat terhadap posisi lembaga kalau ia menilai suatu embaga baik,
berprestasi, dan terkelola dengan baik.
·
media masa juga
merupakan sarana penting dalam melakukan difusi inovasi.
D.
Teknik-teknik Membina Hubungan dengan Pers.
·
Membuat siaran
dengan pers (pers release).
keterampilan untuk bisa menulis berita ada 6 dasar
dalam penulisan berita yang harus ada, yakni 5W+1H.
·
Konferensi pers
atau temu pers sangat disarankan apabila memiliki program baru dan kegiatan
ilmiah yang harus diketahui public.
·
Wawancara khusus
hanya berhubungan dengan satu atau dua wartawan yang anda pilih secara khusus.
·
Perjalanan pers
(pers tour)
·
Sponsor lomba
jurnalistik, Mengunjungi kantor pers Melalui kunjungan itu, antara pengelola
(redaksional) pers dan pihak yang berkunjung bisa saling mengenalkan diri dan
mengakrabkan hubungan.
·
Menjalin hubungan
dengan pers dalam bentuk lain.
·
Teknik Penulisan
dalam Berita Humas, praktisi humas harus mampu menilai kelayakan berita. 6
(enam) pokok yang harus diperhatikan dalam menulis berita : Susunan kalimat,
isi penulisan berita, bobot, karakter, dan kandungan isi berita .
E.
Kegiatan Komunikasi Sekolah dengan Masyarakat
melalui Pers.
·
Penulisan dan
pengiriman siaran pers (press release).
Bahan-bahan siaran pers sekolahantara lain : penyusunan kalender akademik,
program kerja jangka panjang dan pendek, dan imbauan yang tertuju kepada semua
pihak.
·
Penulisan dan
pengiriman berita pendidikan.
Pokok-pokok
materi atau bahan-bahan informasi yang layak dan dapat menjadi bahan berita
pendidikan antara lain : kesiswaan (hasil ujian dan data siswa putus sekolah),
keguruan (keadaan formasi guru dan pengangkatan guru dan mutasi), dan keguatan
ekstrakurikuler (program kegiatan dan kondisi sarana prasarana yang tersedia).
·
Penulisan dan
pengiriman artikel pendidikan.
·
Penulisan dan
pengiriman pikiran pembaca.
No comments:
Post a Comment