Tuesday, March 14, 2017

Go Publik Keuntungan bagi Perusahaan

Kekayaan perseroan terdiri dari kekayaan yang kongkret (nyata), seperti tanah, bangunan atau pealatan lainnya
Mengapa pemilik perusahaan lebih tertarik menjual sahamnya melalui go public  atau menjadikan perushaannya sebagai erusahaan publik. Keuntungan go public dapat di lihat dari sudut pandang pemilik perusahaan sebagai berkut:
·         Memperkaya pendiri perusahaan. Dengan mealakukan go public,malka prospek dan keuntungan di masa depan sudah dapat di lihat dan sudah dapat di perhitungkan dan di berikan kepada pemilik perusahaan saat ini, yaitu dalam bentuk saham dan capital gain.
·         Mendapatkan dana murah. Dengan dana yang jumlahnya besar memungkinkan perusahaan membiayai ekspansi uasaha, pelunasan utang jangka panjang dan pendek.
·         Meningkatkan daya saing perusahaan. Dengan go public perusahaan semakin di kenal oleh masyarakat luas, hal ini menjadi landasan yang baik untuk memasarkan produk-produkya.
·         Meningkatkan loyalitas dan motivasi karyawan. Biasanya perusahaan yang sudah go publik lebih memberian rasa nyaman terhadap karyawan.
Selain keuntungan sebagaimana disebutkan di atas terdapat pula sejumah konsekuensi yang harus di pikul oleh sejumlah pendiri perusahaan adala sebagai berikut :
·         Menurut derajat pengendalian perusahaan. Dengan di pasarkan secara pubik maka derajat pengendalian yang di miliki oleh pendiri tehadap pendiri perusahaan dengan sendirinya akan menurun.para pemegang saham publik, walaupun minoritas memiliki hak yang di lindungi hukum.
·         Pendiri dan perusahaan wajib mematuhi ketentusn keterbukaan. Sejak memulai go publik perusahaan harus memalui prosedur yang di tentukan oleh badan pengawas pasar modal (bapepam), informasi tentang segala aspek penting perusahaan wajib diungkapkan. Perusahaan wajib melalui finansial auidit dan legal audit, selanjutnya perusahaan wajib mengumumkan segala informasi penting tentang perusahaan kepada publik.

·         Membutuhkan bisaya besar. Penghimpunan dana melalui go publik memang relatif murah dibandingkan meminjam ke bank. Perusahaan harus membayar jasa emisi, auditor independent konsultan hukum,perusahaan penilai.

No comments:

Post a Comment